Header Ads

Breaking News
recent

Penyebab dan Cara Meringankan Nyeri Haid

Nyeri haid merupakan masalah kewanitaan yang dialami oleh sebagian besar wanita sebelum dan saat mengalami menstruasi. Pada setiap wanita tingkat parahnya rasa nyeri saat menstruasi ini dapat bervariasi. Sebagian hanya merasakan sedikit nyeri yang tidak berarti di bagian bawah dan tengah perut, dan sebagian lagi merasakan nyeri yang sangat menggangu; terkadang disertai mual, muntah, pusing, demam, lemas dan bahkan diare.


Penyebab Nyeri Haid

Nyeri haid adalah masalah yang normal terjadi pada setiap wanita. Hal ini disebabkan oleh zat prostagladin yang diproduksi oleh tubuh sebagai pemicu kontraksi di dalam rahim saat masa menstruasi mulai berlangsung. Kontraksi ini akan membantu dinding rahim meluruh sebagaimana mestinya dan itulah mengapa terjadi kram perut. Selain itu, zat ini juga akan memicu pembuluh darah untuk mengembang sehingga terjadi pendarahan haid.

Banyaknya darah yang keluar merupakan penyebab utama rasa pusing dan lemas yang dirasakan wanita saat haid. Sedangkan mual, diare dan muntah lebih disebabkan oleh zat prostagladin yang memicu otot polos di saluran gastro intestinal berkontraksi. Rasa nyeri juga diperparah dengan gumpalan darah yang mengalir melalui leher rahim yang sempit.

Nyeri haid biasanya diderita oleh remaja putri sejak masa menstruasi pertama mereka terutama pada remaja yang mendapati mentruasi di usia kurang dari 12 tahun. Namun apabila rasa nyeri yang cukup mengganggu terjadi setelah berusia lebih dari 25 tahun, mungkin saja disebabkan oleh beberapa penyakit seperti endometriosis, kista, penyakit menular seksual, atau masalah yang ditimbulkan karena alat KB IUD.

Cara Meringankan Nyeri Haid Tanpa Obat

Untuk meringankan nyeri haid tanpa obat, anda bisa memberikan rasa hangat di sekitar perut dengan menempelkan bantal pemanas di atas perut bagian bawah, minum air putih hangat, dan mandi dengan air hangat. Buat perut anda senyaman mungkin dengan menekuk kaki atau meninggikannya sedikit dengan bantal saat tidur. Perbanyak makan buah dan sayur terutama yang mengandung nutrisi alami seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan vitamin B6. Kurangi konsumsi gula, garam, serta kafein agar tak memperparah rasa sakit.

Pada wanita yang memiliki pola hidup sehat, nyeri haid lebih jarang terjadi. Untuk itu, akan sangat baik jika anda memiliki pola hidup yang lebih sehat untuk mengurangi keluhan saat datang bulan. Anda bisa memulai dengan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan dengan gizi seimbang, seperti karbohidrat kompleks, lengkap dengan serat, vitamin dan mineral yang banyak terkandung dalam gandum, buah – buahan dan sayur - sayuran. Jangan lupa untuk olah raga teratur agar tubuh menjadi lebih sehatdan bugar, termasuk daerah kewanitaan dan rahim. Jika tubuh sehat dan selalu vit, tentu kram pada saat menstruasi dapat berkurang secara signifikan.

1 comment:

  1. Datang bulan bagi setiap perempuan terkadang sangat tersa sakit, temukan penyebab dan cara menanggulangi nyeri haid di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan

    ReplyDelete

kuncikesehatanalami@copyright2010. Powered by Blogger.