Buah-buahan dan Sayuran untuk Penderita Maag

Diposkan oleh Marlina Khrisna Lamid

Makanan Pemicu Penyakit Maag

Salah satu sistem organ yang dimiliki manusia adalah sistem pencernaan, yaitu sistem yang mengatur kegiatan atau proses yang berkaitan dengan aktivitas makan manusia. Beberapa masalah dapat dialami oleh berbagai macam orang yang berasal dari sistem pencernaan. Bagi mereka yang suka makan pedas, “mules” atau sakit perut juga dapat terjadi bila mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Ada juga penyakit maag yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola makan yang tidak teratur, terlambat mengisi perut sesuai dengan jadwal makan, memakan makanan yang dapat memicu terjadinya maag, dan maag juga dapat diakibatkan oleh stress.
jenis buah dan sayuran untuk penderita maag


Orang-orang mengartikan maag selalu dibarengi dengan rasa perih di perut, namun sebenarnya nyeri pada perut bukan semata-mata gejala yang ditimbulkan oleh penyakit dalam lambung ini. Hati-hati jika anda terlalu sibuk untuk mengisi perut anda dan melewatkan jam makan, lalu secara tiba-tiba merasa mual, kembung, rasa tidak nyaman di lambung, dan sering bersendawa adalah gejala penyakit maag akan datang.

Gejala maag yang dapat timbul disebabkan oleh jumlah asam lambung pada lambung. Ketika asam lambung memiliki jumlah yang berlebihan pada lambung, gejala seperti perut yang terasa penuh atau biasa disebut begah, mual, dan sering bersendawa akan timbul. Asam lambung yang meningkat juga mempengaruhi indera pengecap kita, akan timbul rasa asam atau pahit ketika asam lambung berada di atas jumlah seharusnya.

Makanan yang Baik untuk Maag

Makan memang hal yang sangat biasa bagi kita manusia untuk mendapatkan energi beraktivitas, dan memiliki manfaat lainnya selain mencegah penyakit maag untuk terjadi. Jangan menunda makan sampai perut anda merasakan mual, begah, atau bahkan sampai perih di lambung bila anda tidak ingin terkena maag. Selain obat yang dapat ditemui di apotek terdekat untuk mengatasi maag, buah-buahan dan sayuran juga dapat mengatasi penyakit maag yang terjadi.

Pisang banyak disukai oleh banyak kalangan karena rasa dan teksturnya. Selain enak, buah berwarna kuning ini memiliki kandungan Kalium seperti yang dimiliki oleh buah pepaya dan melon. Kalium dapat menstabilkan keadaan asam lambung dan karenanya dapat menghentikan serangan maag.
Brokoli adalah sayuran yang memiliki kandungan kalium, sama seperti pisang. Selain memiliki kandungan kalium, terdapat juga sulfur yang berguna melindungi permukaan lambung.

Pepaya memiliki zat bernama papain untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Selain itu, dengan mengkonsumsi pepaya satu jam setelah makan, protein dalam makanan dapat dicerna dengan baik.

Kentang di beberapa negara dijadikan sebagai makanan pokok. Kandungan karbohidrat dalam kentang membuat kenyang bertahan lebih lama. Kentang memiliki sifat basa yang dapat menetralkan asam lambung.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar