Header Ads

Breaking News
recent

Jagalah Kadar Kolesterol LDL agar Tak berlebihan

Kolesterol agaknya adalah sebuah zat yang sangat ditakuti terlebih apabila kadar kolesterol LDL tinggi atrau melampui ambag batas normal, tidak hanya karena telanjur dicap buruk, melainkan juga bisa memunculkan penyakit fatal seperti jantung koroner, yang dikenal sebagai pembunuh nomer satu di dunia. Namun jangan salah tangkap. Kolesterol sendiri adalah zat yang diperlukan tubuh, mengingat fungsinya untuk membangun hormon tertentu serta membangun dinding sel di dalam tubuh. Jadi, kolesterol sebenarnya berguna bagi tubuh, asalkan dalam jumlah kecil. Zat ini diproduksi secara alamiah oleh hati dalam jumlah kecil, meski bisa juga berasal dari luar tubuh. Nah, yang harus dihindari oleh anda adalah kolesterol jahat yang memicu penyakit. Karena itulah kadar kolesterol jahat harus ditekan semaksimal mungkin.

Menjaga Kadar Kolesterol LDL

Jenis kolesterol yang dikenal jahat adalah kolesterol LDL, yang umumnya bisa menyebabkan plak berkumpul di bagian arteri. Ketika berkumpul di arteri dalam jangka waktu lama, kolesterol LDL menyebabkan penyakit jantung. Selain jenis kolesterol LDL, satu yang memiliki sifat baik adalah kolesterol HDL. Yang terakhir ini membantu membersihkan kolesterol LDL dari dalam tubuh anda. Untuk menjaga tubuh dari penumpukan kolesterol LDL, yang perlu anda lakukan hanyalah menjaga pola makan anda dengan cara mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung LDL. Berikut cara untuk menjaga tubuh dari penumpukan LDL:

• Sarapan dengan gandum

Semangkuk sereal dari gandum atau oatmeal pada pagi hari sungguh lezat, dan yang lebih penting lagi, memiliki manfaat yang bisa bertahan sepanjang haru. Karbohidrat dan serat kompleks yang terkandung di dalam gandum membantu anda mengurangi LDL. Selain oatmeal, tepung gandum, barley, beras merah, popcorn, dan beras liar juga memiliki manfaat yang sama.

• Konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kalori dan lemak yang tinggi dan disebut sebagai bahan makanan yang mampu mengurangi kandungan LDL dalam tubuh secara signifikan. Namun karena memiliki lemak dan kalori yang sangat tinggi, anda disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan.

• Mengkonsumsi makanan sehat

Apa saja jenis makanan sehat yang patut dikonsumsi? Anda bisa memilih beberapa di antaranya, seperti yogurt, margarine oles, dan lainnya, yang membantu menurunkan LDL. Memakan lebih banyak buah segar dan sayuran hijau juga membantu, karena mereka memberi manfaat yang sama dengan bahan makanan yang disebut sebelumnya.

• Cermat memilih makanan

Ketika jajan di luar, sebaiknya anda memilih makanan yang dibakar, dikusus, dipanggan, maupun dioven. Hindari memakan makanan yang digoreng.

Selain keempat cara di atas, sebaiknya anda juga mempertimbangkan konsumsi suplemen kesehatan tertentu untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan. Jeli gamat menjadi pilihan menarik oleh karena kemampuannya meregenerasi sel-sel di dalam tubuh. Dalam hal menekan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh, jeli gamat juga mempu menekan jumlah kolesterol LDL di dalam tubuh.

1 comment:

  1. Nice post gan bisa jadi referensi ane ni.
    mampir juga gan ke blog ane
    http://lensakesehatankita.blogspot.com/2015/01/tips-menghindari-penyakit-gagal-ginjal.html

    ReplyDelete

kuncikesehatanalami@copyright2010. Powered by Blogger.