Header Ads

Breaking News
recent

Mewaspadai Gejala Penyakit Jantung Dan Cara Menanganinya

Gejala penyakit jantung – Penyakit jantung telah menjelma menjadi pembunuh nomor satu di dunia dan berpasangan dengan penyakit stroke pada puncak tertinggi sebagai penyebab kematian. Bahkan menurut keterangan Federasi Jantung Dunia, hanya sepanjang tahun 2014 saja di Asia Tenggara terdapat 1,8 juta kasus penyakit jantung. Melihat persentase yang kian meningkat, tentunya muncul kesadaran untuk menjaga dan merawat kesehatan jantung sejak dini.

Image: /www.freedigitalphotos.net

Jantung merupakan salah satu aset berharga manusia yang menjadi mesin pacu tempat bergantungnya kinerja dan fungsi organ tubuh lainnya. Sehingga tak heran, kerusakan pada jantung dengan kelak akan mempengaruhi keberlangsungan hidup seseorang. Secara umum, terdapat beberapa faktor penyebab yang memicu terjadinya penyakit jantung, antara lain:
  • Faktor gaya hidup yang tidak sehat, maksudnya ialah kebiasaan pola makan dan pola aktivitas fisik yang buruk
  • Faktor merokok. Rokok mengandung nikotin dan karbon monoksida yang bisa memicu terjadinya pengumpulan darah dan akan memacu kinerja jantung lebih cepat dan terbebani
  • Akibat terlalu sering mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi
  • Akibat tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes
  • Gangguan berat badan (obesitas)
  • Faktor usia
  • Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung
Mencegah penyakit jantung bisa anda lakukan dengan cara mewaspadai dan menghindari faktor penyebab penyakit jantung itu sendiri. Dan hal inilah yang perlu ditanamkan pada semua orang sehingga muncul kesadaran untuk hidup sehat dan terhindar dari segala risiko penyakit mematikan.

Mewaspadai Gejala Penyakit Jantung

Selain mengobati sakit jantung, mewaspadai gejala penyakit jantung dianggap sebagai cara paling efektif dan efisien untuk menyembuhkan penyakit jantung secara maksimal. Saat seseorang mulai mendeteksi perubahan pada tubuhnya, maka secara otomatis tindakan penanganan penyakit akan dilakukan secepatnya sehingga kesempatan untuk sembuh total lebih besar. Berikut ini beberapa gejala penyakit jantung yang harus anda waspadai:

  1. Gejala sesak nafas saat tidur atau beristirahat
  2. Sering pusing bahkan kehilangan kesadaran
  3. Jantung sering berdebar-debar (mengalami Palpitasi) bahkan melemah di waktu kemudian tanpa alasan
  4. Sangat mudah kelelahan dan pening
  5. Mengalami gangguan pencernaan
  6. Sering mengalami mual disertai muntah-muntah tanpa sebab
  7. Produksi keringat yang berlebih
  8. Merasakan nyeri pada bagian dada,
  9. Sering merasa cemas berlebihan, bahkan hingga mengakibatkan kondisi tubuh menjadi drop
  10. Rasa sakit kepala yang hebat
  11. Penderita penyakit jantung akan kehilangan nafsu makan secara drastis
  12. Penderita akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh tanpa sebab
  13. Rasa nyeri dan sakit tak tertahankan pada bagian tubuh

Saat beberapa gejala atau tanda-tanda penyakit jantung di atas terjadi pada anda, maka segera atasi masalah ini dengan melakukan diagnosis lebih lanjut di rumah sakit untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan jantung paling tepat.

Jenis Penyumbatan Pembuluh Darah

Seperti yang selama ini diketahui, selain karena sel jantung yang mati, penyakit jantung pada dasarnya juga diakibatkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah di dalam tubuh manusia. Penyumbatan pembuluh darah ini akan memicu kinerja jantung menjadi tidak optimal dan menimbulkan kerusakan lebih parah apabila tidak segera diatasi. Dalam dunia medis, diketahui jika terdapat 2 macam jenis pemyumbatan pembuluh darah yang akan berakibat fatal terhadap fungsi dan kinerja hati, yaitu:
  1. Penyumbatan pembuluh koroner besar, Yaitu penyumbatan yang bersifat sementara, biasanya akan disertai dengan rasa sakit dan nyeri di bagian dada yang tak tertahankan.
  2. Penyumbatan pembuluh koroner kecil, Yaitu penyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan karena adanya kolesterol tinggi di dalam tubuh. Selain itu, juga disebabkan oleh pengaruh diabetes yang membuat pembuluh darah kaku.
Itulah beberapa informasi penting mengenai gejala penyakit jantung, faktor penyebab, hingga jenis penyumbatan pembuluh darah yang akan memicu penyakit jantung pada seseorang.

No comments:

kuncikesehatanalami@copyright2010. Powered by Blogger.