Header Ads

Breaking News
recent

Penyebab Penyakit Asam Urat dan Pola Hidup Tidak Sehat

Penyebab penyakit asam urat yang utama adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Bukan hanya asam urat, pola hidup yang tidak sehat akan mengantarkan anda ke banyak penyakit. Asam urat merupakan penguraian dari limbah yang dihasilkan oleh urin yang tidak dapat diproses dengan baik oleh ginjal sehingga menumpuk pada bagian persendian tertentu. Jika kadar asam urat yang diproduksi lebih tinggi daripada yang dikeluarkan maka asam urat itu akan membentuk Kristal-kristal tajam yang merusak lapisan lunak sendi dan akan mengelilingi bagian sendi. Kristal-kristal tajam tersebut akan menyebabkan peradangan pada sendi sehingga dapat menimbulkan nyeri hebat.

Penyebab penyakit asam urat

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan Anda terserang penyakit asam urat. Usahakan untuk selalu menghindari hal-hal ini agar anda terhindar dari penyakit asam urat:
  1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin seperti sarden, kaldu dan udang. Zat purin yang terlalu banyak tidak akan dapat dimetabolisme maksimal oleh ginjal. Oleh karena itu akan menyebabkan anda mengalami asam urat saat jumlah asam urat yang dikeluarkan melalui urin atau kotoran lebih sedikit dibanding zat purin yang dihasilkan tubuh.
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis atau minuman beralkohol. Minuman beralkohol mengandung kadar purin yang tinggi yang dapat menyebabkan penyakit asam urat. Selain itu alkohol juga merangsang produksi asam urat di hati.
  3. Kelebihan berat badan atau obesitas. Orang yang memiliki berat badan yang berlebih biasanya memiliki pola hidup yang tidak sehat. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan tekanan yang lebih besar di sendi sehingga asam urat akan semakin sulit untuk dikeluarkan.
  4. Mandi malam. Mandi malam juga merupakan salah satu penyebab asam urat. Bukan hanya asam urat, mandi malam juga dapat menyebabkan rematik dan gangguan persendian lainnya.
  5. Jenis kelamin. Pria memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena asam urat dibanding wanita. Selama masa puber kadar asam urat pada pria akan meningkat. Mengapa wanita memiliki kemungkinan yang lebih kecil? Karena hormon esterogen yang dimiliki wanita mampu membantu menurunkan kadar asam urat dan memperlancar pembuangannya.
  6. Konsumsi obat-obatan. Obat-obatan tertentu dapat menimbulkan penyakit asam urat jika dikonsumsi terus menerus diantaranya obat diuretik, aspirin dengan dosis rendah, dan niacin.

Pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit asam urat

Mulai sekarang Anda harus mulai menyadari seberapa pentingnya menjaga pola hidup sehat. Pola hidup sehat akan membuat anda terhindar dari berbagai macam penyakit tidak hanya asam urat. Tidak ada ruginya jika Anda terus hidup secara sehat karena Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang positif. Selain terhindar dari berbagai penyakit, tubuh Anda juga menjadi fresh dan kuat jika anda terus menjaga pola hidup. Jangan menganggap remeh penyakit asam urat, karena jika Anda sudah merasakannya betapa tersiksanya ketika sendi-sendi Anda mengalami peradangan nyeri hebat.


Konsumsi makanan yang sehat

Untuk memastikan bahwa makanan Anda sehat sebaiknya Anda memasaknya sendiri. Karena jika dimasak sendiri makanan akan terjaga kehigenisannya dan terjaga nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya melalui proses pengolahan yang benar. Istirahatlah yang teratur jangan memforsir tubuh Anda untuk terus bekerja tanpa istirahat. Tidur di jam yang benar yaitu pada malam hari selama 8 jam. Jangan sebaliknya tidur ketika pagi dan bangun ketika malam. Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan Anda terserang penyakit asam urat. Semoga Anda lebih bisa memilih hal mana yang perlu dikerjakan dan hal yang mana yang perlu ditinggalkan agar tidak terkena asam urat dengan mengetahui penyebab penyakit asam urat.

No comments:

kuncikesehatanalami@copyright2010. Powered by Blogger.