Header Ads

Breaking News
recent

Cara Mencegah Kanker Prostat Secara Alami

Prostat adalah penyakit kanker pada pria yang berasal dari pertumbuhan sel-sel yang tidak dapat dikendalikan di dalam kelenjar prostat. Kelenjar ini terletak pada panggul pria di mana merupakan bagian dari sistem reproduksi pria. Prostat terletak di bagian bawah kandung kemih di depan rektum, dimana prostat mengelilingi utetra, merupakan saluran yang berfungsi membawa urine menuju penis dari kandung kemih. Fungsi prostat adalah sebagai penghasil cairan yang mampu menyuburkan dan juga dapat melindungi sperma pria. Menurut sebagian dokter bahwa kanker prostat dapat saja tersebar dengan cepat, namun pada dasarnya dapat tumbuh dengan perlahan serta tidak akan dapat tersebar.

Cara Mencegah Kanker Prostat
Image: www.freedigitalphotos.net
Kanker prostat akan dialami oleh pria yang berumur 40 tahun ke atas, sehingga sangat jarang ditemui pada pria yang berumur di bawah 40 tahun. Prostat berada di bagian pangkal saluran kencing dengan ukuran seperti biji kacang tanah dengan berat 20 gram.

Tanda-tanda seseorang menderita penyakit prostat

Ada beberapa tanda seseorang menderita penyakit prostat, salah satunya adalah faktor usia, semakin tua seseorang maka semakin besar kemungkinan menderita penyakit tersebut. Diantara tanda-tanda tersebut adalah:
  1. Selalu berkainginan untuk buang air kecil lebih banyak tidak seperti biasanya. Keinginan ini akan lebih sering terjadi di saat malam hari, ini dapat terjadi dalam waktu yang cukup lama.
  2. Kesulitan saat buang air kecil, ini akan dirasakan oleh penderita prostat,
  3. Mengejan ketika buang air kecil, prostat mulai membesar sehingga sulit mengeluarkan urine, maka yang dilakukan oleh penderita adalah dengan mengejen agar urine dapat keluar.
  4. Terasa sakit ketika akan buang air kecil,
  5. Urine yang dikeluarkan bercampur dengan darah, urine yang dikeluarkan sangat sedikit, dan bercampur dengan darah. Dan ini sangat buruk terhadap alat reproduksi pria.
  6. Terasa tidak puas saat buang air kecil, karena jumlah air yang dikeluarkan sangat sedikit serta diikuti dengan rasa sakit akibat prostat mengalami pembesaran.
Ini adalah beberapa tanda-tanda seseorang menderita penyakit prostat, pria wajib tahu, sehingga dapat melakukan pengobatan sebelum menyebar dan tambah parah.

Yang dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit prostat

Tidak semua pria mengalami prostat, hanya sebagian kecil saja, oleh karenanya seseorang wajib tahu apa saja penyebab penyakit prostat, sehingga dapat dicegah. Yaitu:

• Faktor usia
Usia yang sudah tua sangat mudah terserang penyakit prostat, oleh karenanya untuk mencegah terjadinya prostat, harus dapat menjaga kesehatan saat usia muda sehingga ketika berusia tua dapat terhindar dari berbagai penyakit. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

• Faktor keturunan
Tidak hanya prostat, semua jenis penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan, kemungkinan besar akan berjangkit pada anggota keluarga dan sangat sulit untuk disembuhkan. Namun Anda tidak perlu putus asa, Anda dapat mencoba mengobatinya dengan bahan alami yaitu daun sendok , cukup direbus dengan air kemudian minum secara rutin agar hasil yang diperoleh maksimal.

• Faktor lingkungan sekitar
Lingkungan juga dapat memicu terserang penyakit prostat, oleh karenanya perlu Anda perhatikan lingkungan sekitar.

• Mengkonsumsi makanan dengan jumlah lemak yang tinggi
Makanan dengan lemak yang tinggi juga sebagai pemicu timbulnya penyakit prostat pada usia tua. Solusi yang tepat adalah, makan makanan yang sehat serta rendah akan kandungan lemak, seperti daging, wajib Anda jauhi karena memiliki kandungan lemak.

• Faktor berat badan
Kegemukan adalah salah satu faktor yang menyebabkan seseorang terserang penyakit prostat, sebab terlalu banyak makan dan kurang beraktivitas.

• Jarang berolahraga
Seseorang yang sangat jarang berolahraga, bahkan tidak pernah sekalipun sangat mudah terserang berbagai jenis penyakit salah satunya prostat. Maka dari itu lakukan olahraga secara rutin meskipun hanya jalan santai di pagi hari. Setidaknya Anda bergerak setiap harinya.

• Sering mengkonsumsi obat-obatan yang terlarang
• Sering mengkonsumsi minuman alkohol
• Sering mengkonsumsi rokok

Cara mencegah prostat secara alami

Prostat dapat dicegah dengan pengobatan alami seperti:
  • Konsumsi buah tomat, karena tomat memiliki kandungan karotenoid likopin yang dapat menyehatkan prostat juga jantung
  • Konsumsi makanan yang mengandung bawang putih/konsumsi bawang putih
  • Sayur brokoli juga berfungsi mencegah terbentuknya sel-sel kanker prostat
  • Semangka, bagian putihnya mampu menyehatkan ginjal.
  • Minum Jeli gamat dan spirulina  secara rutin agar terhindar dari kanker prostat
Ini adalah beberapa informasi terkait prostat, mulai dari tanda-tanda, penyebab serta cara pencegahannya semoga bermanfaat dan semoga kita semua terhindar dari penyakit tersebut.

No comments:

kuncikesehatanalami@copyright2010. Powered by Blogger.