Header Ads

Breaking News
recent

Penyakit Gastritis dan Gejala Yang Ditimbulkan

Gejala Penyakit Gastritis
Image https://pixabay.com
Penyakit gastritis adalah sebuah kondisi gangguan kesehatan yang berada pada organ lambung di dalam tubuh. Dimana dalam hal ini lambung mengalami peradangan atau iritasi yang mengakibatkan dinding lambung mengikis dan menipis sedikit-demi sedikit oleh pengaruh perkembangan bakteri. Sebuah gangguan kesehatan dari organ lambung ini memiliki beragam faktor penyebab yang berbeda-beda seperti konsumsi minuman berakohol secara berlebihan, pengaruh stres terhadap kondisi perkembangan bakteri di dalam tubuh, efek samping dari adanya gejala muntah-muntah yang berlebihan, serta pengaruh dari berbagai obat-obatan yang dikonsumsi.

Gastritis yang merupakan gangguan kesehatan dari organ pencernaan lambung merupakan sebuah penyakit yang tidak begitu serius. Akan tetapi, bila hal tersebut dibiarkan berlanjut tanpa adanya penanganan yang tepat untuk dilakukan, maka dapat mengakibatkan tubuh anda banyak kehilangan darah. Hilangnya darah dalam jumlah yang besar dapat diakibatkan oleh ulkus dan kanker lambung yang dapat timbul akibat dari penyakit gastritis yang diderita. Sehingga penanganan yang cepat dan tepat harus dilakukan demi mencegah timbulnya kondisi yang lebih berbahaya.


Penyebab penyakit gastritis

Dari sekian banyaknya faktor penyebab dari penyakit gastritis yang beragam, salah satu penyebab paling utama dari timbulnya penyakit tersebut untuk diderita adalah adanya bakteri Helicobateri pylori di dalam organ lambung. Jenis bakteri tersebut dapat ditemui pada sejumlah jenis makanan dan minuman yang tercemar. Selain itu, jenis bakteri ini juga dapat ditularkan melalui kontak fisik antara orang dan hewan.

Kemudian pada penyebab umum lainnya adalah pada penggunaan obat kimia anti inflamatori non steoridal serta konsumsi minuman dengan kandungan alkohol di dalamnya secara berlebihan. Seiring berjalannya waktu, bila penyakit gastritis yang diderita tersebut tidak segera dobati, maka dinding lambung akan semakin menipis dan berbahaya bagi kesehatan anda. sehingga pengobatan yang tepat dan benar harus segera dilakukan.

Gejala dari penyakit gastritis

Pada saat lambung melakukan proses pencernaan terhadap makanan yang anda konsumsi, berbagai sel-sel di dalam organ tersebut akan menghasilkan cairan asam dan enzim yang berguna dalam mencerna makanan. Kemudian dalam rangka melindungi lapisan dinding lambung dari adanya pengaruh asam dan enzim yang dihasilkan untuk menghancurkan makanan, sel-sel lambung memproduksi lendir mucin yang melapisi organ lambung tersebut. Pada saat penyakit gastritis diderita, peradangan pada organ lambung terjadi akibat kurangnya produksi mucin untuk melindungi dinding lambung dari asam dan enzim yang dihasilkan. Oleh karena itu, terdapat beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh penderita gastritin seperti pada berikut ini.

1. Timbulnya rasa nyeri dan panas di dalam lambung
Hal tersebut dapat diakibatkan oleh mengikisnya lapisan dinding lambung yang diakibatkan oleh adanya zat asam yang berlebihan di dalam lambung tanpa diikuti oleh produksi lendir mucin untuk melindungi.

2. Kehilangan nafsu makan
Pada saat proses pencernaan makanan terhambat, maka dapat menyebabkan keinginan untuk mengonsumsi makanan berkurang akibat terhambatnya proses pencernaan yang dilakukan.

3. Mudah merasakan kenyang
Terhambatnya proses pencernaan makanan mengakibatkan penderita mudah merasakan kenyang, hal ini dikarenakan adanya jumlah makanan di dalam lambung yang masih belum tercerna.

4. Perut terasa kembung
Jumlah enzim dan asam yang berlebihan akibat penyakit gastritis yang diderita mengakibatkan perut menjadi kembung dan sesak.

5. Mudah cegukan
Karena adanya zat asam dan enzim yang berlebihan dapat mengganggu berbagai saluran pencernaan di dalam tubuh. Hal ini dapat ditandai dengan cegukan yang terjadi secara tiba-tiba.

6. Terasa mual pada saat mengonsumsi makanan
Pada saat penderita mengonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak, maka dapat terjadi mual hingga muntah-muntah.

7. Mudah muntah
Asam lambung yang berlebihan dapat mengakibatkan sistem pencernaan menjadi tidak seimbang dengan diikuti oleh kebiasaan muntah-muntah.

8. Sakit perut yang sering timbul
Pengikisan dinding lambung yang terjadi di dalam organ pencernaan akan mengakibatkan rasa sakit yang sering timbul.

9. Mengalami gangguan pada saluran pencernaan
Dengan adanya gangguan asam lambung serta enzim pencerna makanan yang tidak ditanggulangi oleh jumlah lendir mucin yang cukup, maka berbagai saluran pencernaan dapat terganggu dalam melakukan tugasnya.

10. Pada saat buang air besar, tinja berwarna hitam pekat
Adanya asam lambung yang berlebihan akan mempengaruhi proses terbentuknya limbah dari tubuh. Sehingga dalam hal ini warna tinja yang hitam pekat dapat menjadi sebuah tanda bahwa anda mengalami gangguan kesehatan pencernaan gastritis.

11. Mengalami muntah darah
Proses pengikisan dinding lambung yang sudah terjadi sekian lama dapat mengakibatkan pendarahan pada jumlah besar. sehingga muntah darah dapat terjadi pada beberapa kasus penyakit gastritis.



No comments:

kuncikesehatanalami@copyright2010. Powered by Blogger.