Oct 20, 2018

Berbagai Penyebab dari Penyakit Persendian

Penyebab dari Penyakit  Persendian

Nyeri sendi merupakan rasa sakit yang terdapat pada bagian tubuh yang mennghubungkan antara tulang satu dan lainnya. Tentunya orang yang menderita penyakit ini biasanya mengalami berbagai masalah dengan pergerakan tubuh menjadi terganggu. Rasa nyeri yang dialami oleh seseorang bisa berlangsung dengan singkat ataupun lama tergantung tingkat keparahannya. Ada berbagai faktor yang menyebabkan penyakit persendian ini bisa diderita oleh seseorang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Chondromalacia Patella

Chondromalacia patella ini disebabkan oleh adanya tekanan yang berulang-ulang terhadap lutut sehingga mengakibatkan pera dangan. Gejala ini akan semakin terasa menyiksa pada saat seseorang melakukan aktifitas naik turun tangga maupun berdiri setelah lama duduk. Orang yang menderita ini bias mengakibatkan lututnya bisa membengkak ataupun lepas, atau terperangkap dalam keadaan tidak terkunci dengan tepat.

2. Pendarahan Pada Tulang Sendi

Orang yang mengalami gangguan kesehatan ini bisa diakibatkan karena ia mengalami ligament robek ataupun retak lutut. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh orang yang dalam tahap pengobatan warfarin.

3. Asam Urat

Penyakit asam urat ini termasuk salah satu yang kambuhan sehingga penderitanya bisa saja mengalami sakit berulang-ulang. Rasa sakit yang dirasakan oleh orang dengan penyakit persendian karena asam urat ini biasanya juga disertai dengan panas maupun kemerahan di sekitar kulit persendian. Penyebab penyakit asam urat ini terjadinya karena menumpuknya kristal-kristal tajam dari zat asam.

Pada awalnya,seseorang yang mengalami gangguan persendian karena asam urat diawali dengan bagian tubuh jempol kaki. Pada perkembangannya jika penyakit ini tidak dapat ditangani dengan baik maka gangguan pada persendian tersebut akhirnya menyebar kebagian-bagian sendi lainnya.

Asam urat tinggi


Orang-orang biasanya menderita penyakit asam urat dikarenakan konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Makanan seperti ampela, hati, usus, paru adalah beberapa penyebab orang mengalami penyakit asam urat yang bisa menganggu tubuh. Makanan dari laut seperti kepiting, cumi, kerang, dan juga udang juga penyebab dari gangguan persendia ini. Seseorang yang ingin tidak mengalami asam urat juga harus mengurangi jumlah minuman manis dan juga alkohol.

4. Pseudogout

Penyakit ini memiliki kemiripan dengan asam urat, akan tetapi penyebabnya adalah penumpukan kalsium yang membentuk krsital-kristal tajam. Penyakit ini biasanya akan menyerang pada bagian lutut terlebih dahulu sebelum kebagian tubuh lainnya.

5. Traumatic Synovitis

Traumatic synovitisini merupakan salah satu penyebab penyakit persendian dikarenakan cedera. Penyebabnya bias berawal dari peradangan jaringan yang melapisi tendon dan juga sendi, hal tersebut menyebabkan persendian merasa sakit.

6. Osgood Schlatter

Penyebab penyakit persendian yang satu ini adalah karena terdapat benjolan di bawah temurung lutut. Tentunya orang yang mengalami ini bisa menjadikannya kurang produktif lagi dalam hidupnya. Pergerakan tubuhnya sudah tidak selincah sebelumnya.

7. Avascular Necrosis

Avascular necrosis ini disebabkan oleh kurang pasokan darah pada tubuh manusia. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian tulang sehingga penderitanya akan mengalami kesakitan. Bagian persendian orang yang mengalami penyakit ini akan terasa sakit sehinga aktifitasnya terganggu.

8. Osteoarthritis

Osteoarthritis ini merupakan gejala sakitnya persendian dikarenakan terjadi pembengkakan pada jaringan di dalam dan sekitar sendi. Hal tersebut bias menjadi kanpermukaan dari pelindung tulang menjadi rusak, penyebab meningkatnya pembengkakan ini antara lain cedera, usia, sertaobesitas.

9. Rheumatoid Arthritis

Gejala sakit yang disebabkan oleh penyakit ini membuat penderitanya akan kelelahan menghadapinya. Hal ini disebabkan karena rasa sakit kerap timbul ataupun hilang dengan sendirinya. Bagian tubuh yang biasanya mengalami gangguan dari penyakit ini adalah jari ataupun pergelangan tangan serta pergelangan kaki.

Silahkan baca juga artikel terkait Penyebab dan akibat rematik

10. Virus

Penyebab dari sakit yang terasa pada bagian sendi juga bisa diakibatkan karena virus. Tubuh yang terjangkit oleh virus seperti rubella ataupun hepatitis maka bias juga akan merasakan nyeri pada daerah persendian.

11. Psoriatic Arthritis

Rasa sendi yang sakit, kaku, bengkak ataupun meradang ini biasanya dialami hanya oleh 1 dari orang psioaris. Rasa sakit yang dirasakan oleh penderita akan menyebabkan kurangnya tenaga saat melakukan pekerjaan.

Bagi orang yang mengalami masalah penyakit persendian kategori ringan maka bisa memperbanyak waktu istirahat. Penderita juga bisa mengompres bagian yang terasa nyeri sehingga rasa sakitnya bisa berkurang ataupun hilang.


EmoticonEmoticon