Oct 27, 2018

Kenali Apa Saja Obat Herbal Batu Ginjal Yang Jitu

Obat Herbal Batu Ginjal Yang Jitu

Batu ginjal yang dikenal dengan nama nefrolitiasis atau gejala pembentukan material keras. Disebut sebagai batu ginjal karena kemunculannya berupa terbentuknya material keras yang mirip batu serta mengendap dalam ginjal.

Material keras menyerupai batu tersebut adalah sisa endapan zat dalam aliran darah yang disaring ginjal kemudian mengkristalisasi sejalan waktu. Ketika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, maka penderita akan resmi dinyatakan sakit ginjal ketika telah diketahui gejalanya.

Penderita sakit batu ginjal biasanya pada kisaran usia 30 - 60 tahun. Menurut statistik, 10 persen pria pernah menderita penyakita batu ginjal, sementara wanita sebanyak 15 persen.

Gejala dan Penyebab Batu Ginjal


Batu ginjal baru terasa menyulitkan dan merugikan pada saat sulit untuk dikeluarkan. Batu ginjal yang masih kecil tidak terlalu sulit ketika dibuang melalui air seni. Persoalan muncul ketika batu ginjal yang besar sulit untuk dikeluarkan melalui urine. Selain sulit dikeluarkan biasanya juga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Maka kondisi inilah yang disebut dengan sakit batu ginjal. Penyebab rasa sakit adalah karena adanya gesekan antara dinding ureter dengan batu ginjal, yang dapat menimbulkan iritasi hingga luka yang menyakitkan.

Dalam beberapa kasus, penderita batu ginjal bahkan sampai mengeluarkan darah ketika mengeluarkan air seni. Hal ini karena ada beberapa batu ginjal yang mungkin saja tersangkut pada uretra sebagai saluran pembuangan urine terakhir atau ureter, sehingga terjadi pengumpulan bakteri pada tempat tersebut hingga sampai membengkak.

Baca Juga: Ketahui Gejala dan Kondisi Infeksi Saluran Kencing

Beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita sakit batu ginjal pada umumnya adalah: Nyeri pada perut di bagian bawah, perut bagian samping, pinggang dan selangkangan. Munculnya rasa mual dan sebah serta warna urine terlihat keruh, apabila telah terjadi infeksi.

Selain itu urine berbau tidak sedap, apabila infeksi berlanjut. Tanda penyakit ginjal lainnya tubuh terasa lemas, menggigil, dan demam tinggi.

Adapun penyebab dari penyakit batu ginjal umumnya adalah karena pengaruh makanan dan minuman yang dikonsumsi, seperti minuman yang mengandung gas. Untuk menghindari penyakit batu ginjal, sebaiknya pula menghindari makanan yang mengandung bahan-bahan seperti protein hewani, suplemen kalsium yang berlebih serta zat oksalat.

Selain karena makanan juga karena masalah kesehatan jenis lainnya seperti sakit anyang-anyangan (susah kencing atau kencing tidak teratur) yang akhirnya merembet ke penyakit batu ginjal.

Dari penyebab penyakit batu ginjal di atas yakni makanan dan masalah kesehatan yang lain, maka penyakit batu ginjal menurut klasifikasinya dapat dibagi menjadi batu kalsium, batu struvit, batu asamurat, dan batu sistin.

Obat Herbal Batu Ginjal dan Pencegahan


Sebelum melakukan pengobatan untuk penyakit batu ginjal, sebaiknya mempertimbangkan dulu beberapa hal seperti ukuran batu ginjal. Apabila batunya masih cukup kecil dan dapat melalui saluran kandung kemih, maka tidak harus dilakukan operasi. Untuk mengimbangi kerja ginjal, maka dianjurkan untuk rajin minum air putih.

Untuk gangguan batu ginjal yang berukuran kecil, Apabila memang masih terasa mengganggu maka sebaiknya membutuhkan pertolongan dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk meredakan rasa nyeri, seperti: ibuprofen, acetaminophen ataupun obat anti radang yang nonsteroid.

Apabila ukuran batu ginjal sudah cukup besar dan telah menyumbat saluran kencing, biasanya dilakukan tindakan penyinaran sebagai prosedur khusus. Misalnya melakukan penyinaran dengan laser energy, tindakan operasi maupun penyinaran radiasi ultrasound.

Untuk pengobatan secara herbal, Anda disarankan untuk mencoba salah satu dari beberapa pengobatan herbal di bawah ini, yakni:
  • Lemon : Caranya, minumlah perasan air lemon secara teratur.
  • Tanjung: Bunga tanjung (mimusopselengi) berfungsi menurunkan pembentukan batu dengan berkurangnya kadar kreatinin, ureum serta asam urat pada darah.
  • Kumis Kucing : Kandunganan tioksidan dan antibakteri pada tanaman kumis kucing bermanfaat untuk merangsang ginjal agar lancer mengeluarkan urine.
  • Buah Delima : Kandungan polifenol dan zat antioksidan pada buah delima mampu membantu memompa garam atau mineral berlebih keluar dari ginjal melalui urine.
  • Meniran Hijau: Tanaman (phyllanthusniruri )ini mampu menjadi penghambat terbentuknya kristalisasi pada ginjal. Cara kerjanya adalah menghambat gejala pengendapan hingga tahap agregasi kristal (menyatunya molekul kristal).
  • Mentimun Cucumissativus nama latin dari mentimun mampu melarutkan batu dengan cepat, sekaligus mencegah proses kristalisasi pada ginjal.

Itulah beberapa jenis herbal yang dapat membantu mengobati masalah pada organ ginjal. Tentunya masih banyak ramuan herbal lainya yang apabila dipadukan akan mempunyai khasiat yang nyata sebagai obat herbal batu ginjal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon