Oct 23, 2018

Obat Sariawan Di Gusi Yang Menyembuhkan Dan Meredakan Nyeri Secara Alami

obat sariawan di gusi yang sangat sederhana adalah berkumur dengan air garam atau meminum air kelapa. Sariawan yang muncul di gusi memang sangat mengganggu. Saat makan dan berbicara terkadang Anda akan merasakan perih ketika mengalami stomatitis ini. Untuk menghindarkan munculnya sariawan pada gusi Anda harus menjaga kebersihan gigi dan gusi agar terhindar dari bakteri penyebab sariawan.

Obat Sariawan Di Gusi

Beberapa penyebab sariawan

Ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan Anda terkena sariawan. Sariawan biasanya akan muncul pada bagian dalam pipi, gusi, bibir dan juga lidah. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memicu munculnya sariawan.
  1. Mengalami cedera mulut. Cedera mulut yang disebabkan tidak sengaja tergigit bagian tertentu saat makan dan terlalu keras saat menggosok gigi akan menyebabkan gusi terluka dan terkena infeksi. Kandungan sodium lauryl sulfate (SLS) yang terdapat pada pasta gigi dan obat kumur juga dapat memicu kondisi infeksi yang menyebabkan sariawan.
  2. Kekurangan nutrisi. Ketika nutrisi yang dibutuhkan seperti asam folat, zat besi, vitamin c dan vitamin B12 tidak terpenuhi maka sariawan pun akan cepat muncul pada bagian mulut dan gusi.
  3. Sensitif pada jenis makanan tertentu. Beberapa orang sensitif terhadap paparan makanan tertentu seperti coklat, stoberi, kopi dan makanan pedas yang dapat menyebabkan sariawan.
  4. Menderita jenis penyakit tertentu. Jenis penyakit tertentu seperti radang saluran pencernaan, gangguan imunitas dan herpes juga diketahui dapat memicu munculnya sariawan.
  5. Stres. Stres yang berlebihan dan tidak terkendali juga dapat memicu sariawan pada gusi.
  6. Genetik. Meskipun kemungkinan ini memiliki skala yang kecil, namun faktor genetik juga dapat menyebabkan seseorang terkena sariawan.

Mengobati sariawan secara alami menggunakan madu dan air garam

Madu dan air garam merupakan salah satu obat yang dapat dipilih untuk mengobati sariawan secara alami. Madu diketahui memiliki sifat anti bakteri dan anti radang yang dapat mengurangi rasa perih akibat sariawan dan menyembuhkannya secara perlahan. Garam juga memiliki fungsi yang sama sebagai anti bakteri dan anti radang yang berkerja mencegah perkembangan sariawan menjadi lebih parah.

Oleskan madu pada bagian yang memiliki sariawan seperti bibir, gusi atau bagian dalam pipi. Rasa perih akibat sariawan akan sedikit berkurang dan sembuh secara perlahan. Gunakan madu secara rutin selama beberapa hari hingga sariawan benar-benar sembuh dan tidak terasa perih.

Berkumur menggunakan air garam saat mengalami sariawan mungkin akan membuat Anda merasakan perih yang amat parah. Namun cara ini sudah terbukti cukup ampuh untuk menyembuhkan sariawan tanpa obat. Masukkan satu setengah sendok teh garam ke dalam segelas air dan aduk hingga merata. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur selama 1 hingga 2 menit. Bilas mulut dengan menggunakan air putih agar rasa asin yang tersisa di mulut menghilang. Ulangi cara ini secara rutin 2 kali sehari.

Mengobati sariawan dengan air kelapa

Air kelapa memiliki manfaat untuk meredakan peradangan agar tidak menjadi parah dan mengurangi rasa sakit yang muncul. Oleh karena itu, air kelapa sering digunakan sebagai salah satu obat untuk mengobati sariawan. Anda dapat meminum air kelapa yang sudah dicampur dengan madu secara teratur selama beberapa hari. Selain menggunakan air kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa yang dioleskan secara langsung pada bagian gusi. Air kelapa juga dipercaya mampu menyejukkan suhu tubuh agar sariawan tidak mudah muncul.

Mengobati sariawan menggunakan es batu dan lidah buaya

Lidah buaya memang menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk dalam menyembuhkan sariawan yang muncul pada gusi. Lidah buaya memiliki sifat anti peradangan yang dapat meredakan nyeri akibat sariawan. Bersihkan terlebih dahulu beberapa potong daun lidah buaya. Pisahkan bagian luar lidah buaya dengan dagingnya. Gunakan daging yang mengandung getah tersebut untuk dioleskan pada bagian yang terkena sariawan. Diamkan hingga beberapa jam sebelum dibilas dengan air. Lakukan cara ini secara rutin.

Dalam beberapa kasus, sariawan yang muncul pada gusi membengkak sehingga menyebabkan rasa nyeri berlebihan. Jika demikian, Anda bisa menggunakan es batu untuk membuat sariawan kempis dan meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan secara perlahan. Kompres bagian gusi yang terkena sariawan menggunakan es batu yang sudah dibungkus kain lembut. Anda juga dapat menggunakan es batu dengan cara dikulum pada bagian mulut hingga seluruh es batu mencair. Rasa sejuk yang ditimbulkan dapat mengurangi rasa nyeri secara perlahan.

Mencegah munculnya sariawan pada gusi

Sebelum mengobati sariawan, ada baiknya Anda melakukan upaya pencegahan agar sariawan tidak muncul pada gusi dan mengganggu aktivitas. Sebenarnya, sariawan pada gusi akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 hingga 2 minggu. Namun waktu itu bukanlah waktu yang sebentar untuk merasakan rasa nyeri akibat sariawan secara terus menerus.

Untuk mencegah hal ini, Anda harus menjaga kebersihan mulut dan gusi agar terhindar dari bakteri. Sikatlah gigi secara teratur menggunakan flossing (benang gigi) setiap habis makan dan sebelum tidur. Untuk menghindari cedera saat menyikat gigi, Anda bisa memilih sikat gigi dengan bulu-bulu halus. Hindari juga kebiasaan merokok yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit pada gusi.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara teratur setiap 6 bulan sekali. Ada baiknya jika Anda melakukan upaya pencegahan terlebih dahulu sebelum pada akhirnya menggunakan obat sariawan di gusi.


EmoticonEmoticon