Oct 19, 2018

Penggunaan Jahe Merah Sebagai Obat Tradisional Alami

Sekarang ini walaupun banyak teknik kesehatan baru yang muncul, orang lebih menyukai cara pengobatan tradisional. Pengetahuan obat tradisional ini dipercaya karena menggunakan bahan alami dan menghasilkan efek baik. Bahkan beberapa pengembangan pengobatan modern memiliki basis dari obat tradisional ini. Untuk menggali lebih dalam soal obat tradisional, mari melihat lebih dekat salah satu contohnya yaitu jahe merah.

Khasiat Jahe Merah

Sekilas Tentang Jahe Merah


Salah satu obat tradisional yang sering digunakan adalah jahe merah. Tanaman ini memiliki banyak khasiatnya, baik untuk dikonsumsi atau sebagai bahan olesan. Jahe juga tidak memiliki efek samping yang berbahaya, jadi Anda tidak perlu takut menggunakannya untuk anak – anak.

Jahe sebenarnya ada 3 jenis yaitu jahe putih, jahe kuning dan jahe merah. Semua jenis jahe ini memiliki kelebihannya sendiri – sendiri, hanya saja jahe merah lebih cocok untuk dijadikan jamu ataupun obat. Jahe putih dan jahe kuning lebih banyak digunakan untuk bumbu dapur walaupun tetap bisa dijadikan bahan olahan obat.

Karena jenis jahe ini ada banyak, Anda tentu harus bisa membedakannya saat membeli. Jahe merah bentuknya hampir sama dengan kunyit tapi dengan dengan harum dan rasa yang berbeda. Untuk memastikan harumnya, Anda bisa mematahkan jahe dan mencium bagian basahnya. Jika dari luar bahu jahenya tidak begitu kuat.

Manfaat Jahe Merah


Nah, sekarang waktunya melihat bagaimana jahe merah digunakan untuk obat tradisional. Berikut adalah manfaat dan bagaimana cara menggunakannya

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang pertama dibahas adalah obat tradisional untuk membantu diet. Jahe berfungsi menyebarkan darah dan menghangatkan tubuh. Jika digunakan secara rutin hal ini dapat memacu metabolisme tubuh. Jika metabolisme sudah tinggi, tubuh dapat membakar lemak dengan lebih efektif.

Perlu diingat bahwa penggunaanya untuk hal ini hanya sebagai pembantu. Untuk menurunkan berat badan secara efektif, Anda tetap harus melakukan diet dan olahraga. Jika dilakukan dengan baik, dijamin berat badan Anda akan turun dengan lebih cepat.

Untuk tujuan sebagai pembantu diet, Anda bisa mengkonsumsi jahe ini dengan cara diseduh. Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengupas dan menumbuk jahe merah ini. Untuk membantu mengkonsumsi, Anda bisa menambah rempah lain seperti serai dan cengkeh. Rebus kurang lebih dengan 1 gelas air per jahe sampai mendidih. Jika sudah matang, saring lalu minum airnya. Lakukan hal ini sehari sekali sebelum sarapan.

2. Menjaga Kondisi Jantung

Manfaat kedua jahe merah adalah untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Jahe ini memang cukup dikenal menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Tubuh yang terlalu banyak memiliki timbunan kolesterol dan minyak tentu membahayakan jantung.

Perlu diingat bahwa efek ini lebih berguna sebagai alat pencegah dan penjaga kesehatan jantung. Jika Anda berharap sakit jantung menjadi sembuh setelah mengkonsumsi obat tradisional ini, Anda akan kecewa. Walaupun begitu, konsumsi rutin akan mengurangi potensi serangan jantung.

Untuk tujuan ini, Anda hanya perlu mengkonsumsi jahenya. Jadi Anda tidak bisa hanya meminum air seduhan. Untungnya cara konsumsi yang dipilih bisa disesuaikan. Misalnya di jus ataupun dijadikan campuran untuk sayur. Bagi yang berani, Anda bisa menumbuk jahe ini dan langsung memakannya dengan bantuan minuman. Lakukan hal ini sekali sehari sebelum sarapan atau sebelum tidur.

3. Menangkal Mabuk dan Letih Perjalanan

Efek ketiga adalah untuk menghilangkan mabuk perjalanan dan rasa capek. Jahe memang terkenal memiliki aroma yang bisa memabangunkan tubuh. Tidak hanya itu, saat diseduh, airnya juga mampu memberi tenaga dan menghangatkan. Jika Anda merasa mual, mabuk ataupun letih saat melakukan perjalanan jauh, meminum seduhan jahe dapat membantu kondisi Anda.

Untuk seduhannya, sangat disarankan untuk mencampur dengan rempah dan gula. Rempah – rempahan seperti cengkeng, serai dan kayu manis dapat membantu membuat badan lebih segar dan menghindari mual. Sedangkan gula jawa dan gula pasir untuk pemanis dapat membantu mengembalikan energi. Jika perlu Anda bisa mencampur parutan kulit jeruk lemon dan airnya ke dalam seduhan. Hal ini akan membantu Anda meminum campuran ini.

Minuman jahe merah


4. Membantu Masalah Pencernaan dan Perut

Seperti yang dibahas sebelumnya, mengkonsumsi jahe ini dapat membantu metabolisme tubuh. Metabolisme ini sebenarnya juga mendukung kesehatan sistem pencernaan. Jika pencernaan sehat, gizi yang terserap juga lebih efektif. Jadi bagi Anda yang susah buang air atau mengalami masalah perut seperti begah, jahe bisa membantu Anda mengatasinya.

Untuk masalah perut ini Anda bisa menggunakan cara seduh dengan air hangat. Bentuk cair dan hangat biasanya lebih nyaman untuk perut. Jadi selain menghangatkan, pencernaan Anda lebih mudah menyerap efek air jahe ini. Konsumsilah air jahe hangat ini saat perut Anda tidak nyaman.

5. Mengatasi Gatal dan Kemerahan

Rasa gatal di permukaan kulit diikuti dengan kemerahan dan panas bisa tiba – tiba muncul. Hal ini bisa karena iritasi kulit atau karena alergi. Jika rasa gatal tidak tertahankan, Anda bisa menggunakan tumbukan jahe sebagai kompres. Biasanya dengan cara ini, rasa gatal akan berkurang dan kulit terasa lebih dingin setelahnya.

Untuk membuat kompres jahe merah ini, Anda perlu menumbuk jahe yang sebelumnya sudah dibakar. Setelah ditumbuk halus, campur dengan air hangat lalu tempelkan di daerah yang gatal. Pastikan air hangat jangan terlalu panas karena malah dapat berefek negatif di kulit sensitif.Biarkan kompres jahe ini bekerja sampai suhunya mendingin atau mengering. Jika kulit masih gatal, ulangi prosesnya.

Baca Artikel menarik lainya - Manfaat daun seledri untuk kesehatan

Penggunaan di atas sebetulnya hanya sebagian dari masih banyak lagi kegunaan jahe merah. Menggunakan teknologi modern, Anda bahkan bisa menemukan ekstrak herbal jahe ini untuk konsumsi yang lebih mudah.

Mudah – mudahan informasi di atas dapat membantu Anda lebih mengenal obat tradisional jahe merah. Terima kasih sudah membaca!


EmoticonEmoticon