Oct 21, 2018

Tips Mengatasi Susah Tidur Dengan Obat Herbal

Mengatasi Susah Tidur Dengan Obat Herbal

Istirahat tidur pada malam hari merupakan kebutuhan alami yang diperlukan untuk setiap manusia. Selain digunakan sebagai waktu untuk beristirahat, tidur juga berperan dalam proses metabolisme tubuh, sehingga cukup mempengaruhi kesehatan seluruh organ tubuh Anda, termasuk otak. Alasan itulah yang menjadikan kebutuhan tidur teratur dan berkualitas menjadi penting. Tetapi sayangnya, banyak orang yang memiliki keluhan susah tidur, meskipun tubuhnya sudah sangat lelah. Bagi Anda yang kesulitan tidur, mungkin memerlukan beberapa obat herbal susah tidur agar memperbaiki siklus tidur Anda.

Obat herbal lebih dipilih untuk mengatasi masalah insomnia atau susah tidur, karena lebih alami, sehingga meminimalisir resiko buruk yang mungkin timbul. Beberapa ulasan mengenai insomnia dan tips obat herbal susah tidur diantaranya adalah :

Penyebab insomnia (susah tidur)


Orang yang mengalami insomnia akan memiliki siklus tidur malam yang kurang dan tidak teratur. Penyebab insomnia (susah tidur) ini diantaranya disebabkan karena stress berlebihan, terlalu banyak tidur siang, salah mengkonsumsi obat, ataupun pengaruh dari konsumsi makanan / minuman stimulan.

Untuk memperbaiki siklus tidur, Anda dapat mengkonsumsi obat herbal untuk membantu mengurangi masalah tidur Anda. Beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal susah tidur, antara lain :

Teh chamomile

Teh chamomile memiliki kandungan yang berbeda dengan teh biasa. Zat yang terkandung dalam teh chamomile dapat membantu pikiran Anda menjadi lebih rileks sehingga membantu Anda mudah memulai tidur. Anda dapat menerapkan metode teh chamomile pada malam hari menjelang tidur. Aromanya yang menenangkan dapat membantu Anda mendapatkan istirahat tidur yang lebih berkualitas.

Bawang putih

Bawang putih telah dikenal memiliki banyak khasiat untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah susah tidur atau insomnia. Bawang putih banyak digunakan sebagai obat tradisional alami, yang dinilai lebih alami dan aman tanpa ada efek samping bagi tubuh. Untuk membantu mengatasi masalah susah tidur Anda dengan bawang putih, Anda hanya perlu menyiapkan 1 siung bawang putih mentah. Setelah dikupas dapat dipotong menjadi kecil - kecil lalu dikunyah. Bila Anda tidak terganggu dengan aroma atau rasanya, Anda dapat langsung mengunyahnya setelah dikupas. Cara ini dapat Anda lakukan rutin setiap malam sebelum tidur dan rasakan manfaatnya.

Madu

Madu merupakan salah satu obat tradisional alami yang juga dapat digunakan untuk obat herbal susah tidur. Meskipun madu lebih banyak dikenal untuk kecantikan, tetapi ternyata juga memperbaiki siklus tidur Anda agar tidak sulit tidur pada malam hari, Anda dapat mengkonsumsi satu sendok madu setiap hari menjelang tidur. Madu dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan menghangatkan badan.

Ramuan biji pala

Biji pala merupakan salah satu bumbu masak yang tentu ada di dapur Anda. Ternyata, biji pala selain digunakan untuk pelengkap masakan, dapat menjadi salah satu obat herbal yang bermanfaat untuk mengatasi masalah susah tidur yang Anda alami. Cara membuat ramuan tradisional biji pala adalah dengan menyiapkan 1 - 2 biji pala lalu tumbuk atau dihaluskan. Anda dapat pula membeli bubuk pala halus yang dijual di pasar. Lalu Anda perlu menyiapkan satu gelas air hangat dan tambahkan bubuk pala ke dalamnya kemudian aduk hingga rata. Tutup campuran air pala tersebut dan diamkan selama 5 menit. Saring dahulu, kemudian Anda dapat meminum ramuan biji pala tersebut selagi hangat. Lakukan hal ini rutin setiap malam, 4 - 5 jam sebelum tidur. Dengan rutin mengkonsumsi ramuan ini, Anda dapat memperbaiki masalah susah tidur Anda, sehingga kualitas tidur yang Anda miliki akan berangsur membaik.

Ramuan jintan hitam

Obat herbal susah tidur selanjutnya adalah ramuan tradisional yang terbuat dari jintan hitam. Seperti pala, jintan hitam biasanya dimanfaatkan sebagai pelengkap bumbu dapur untuk memasak. Jintan hitam ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah susah tidur Anda, lho. Tetapi untuk membuat ramuan tradisional jintan hitam ini memerlukan beberapa bahan pelengkap, diantaranya adalah daun pegagan, ketumbar dan kangkung. Ramuan yang dibuat dari bahan - bahan ini dapat menjadi alternatif obat herbal susah tidur untuk Anda. Anda perlu menyiapkan daun kangkung, jintan hitam, ketumbar dan daun pegagan masing - masing 50 gram. Lalu tumbuk ketumbar dan jintan hitam. Lalu rebus semua bahan tersebut dengan air sebanyak 3 gelas hingga menjadi setengahnya. Minum ramuan tradisional ini secara rutin setiap hari menjelang tidur agar masalah susah tidur Anda segera teratasi.

Bunga adas

Bunga adas (dong adas) ternyata juga memiliki khasiat untuk membantu menangani masalah susah tidur Anda. Untuk membuat obat herbal susah tidur dari bunga adas cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil bunga adas secukupnya dan mencucinya hingga bersih. Lalu rebus bunga adas ini bersama air sampai mendidih dan pisahkan air dari bunga adasnya. Tunggu air rebusan bunga adas menghangat, kemudian minum pada malam hari sebelum Anda tidur. Ramuan ini cocok untuk penderita insomnia, dan membantu penderita insomnia untuk mendapatkan tidur yang cukup dan teratur.

Berbagai cara menyembuhkan masalah susah tidur secara alami di atas, dapat menjadi solusi bagi para penderita insomnia, karena berbagai pilihan obat herbal susah tidur di atas dapat membantu Anda mengurangi masalah sulit tidur sehingga mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dengan jumlah yang cukup setiap harinya.


EmoticonEmoticon