Oct 19, 2018

Wajib Tahu! Inilah 11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Seledri
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi. Seledri menjadi bahan makanan yang sering dimanfaatkan untuk membuat sayur maupun sebagai campuran salad dan masakan lain. Namun, siapa sangka jika seledri punya berbagai manfaat lainnya. Berikut inia dalah 11 manfaat daun seledri yang harus Anda ketahui agar semakin rajin mengkonsumsinya.

1. Mencegah Obesitas
Manfaat daun seledri yang pertama adalah mencegah atau mengatasi obesitas. Obesitas sendiri merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kelebihan berat badan yang membuatnya menjadi tidak nyaman dalam beraktifitas. Obesitas bisa diperangi dengan menggunakan seledri karena kandungan kumarinfitokimianya. Khusus untuk orang obesitas yang sering makan fast food, seledri dapat juga mengurangi risiko terkena kanker.

2. Melembapkan Mata
Mata merupakan alat indera yang dipakai setiap hari namun kadang banyak dilupakan perawatannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir sekarang karena ada cara yang mudah untuk melembapkan mata yaitu dengan mengkonsumsi seledri secara rutin. Kandungan vitamin A yang tinggi membuat mata bias lebih jelas ketika melihat dan lembap kondisinya sehingga tidak mudah lelah.

3. Meningkatkan Kualitas Ginjal
Ginjal adalah organ ekskresi yang berfungsi untuk mengeluarkan urine. Seseorang yang mengalami gangguan ginjal akan merasa sakit pada bagian perut dan lama kelamaan bisa meninggal dunia akibat gagal ginjal maupun batu ginjal. Untuk meningkatkan kualitas kesehatan ginjal maka gunakan seledri yang sudah direbus. Minum rebusan air seledri hangat secara rutin pagi dan malam untuk membersihkan sisa kotoran di dalam ginjal.

4. Menyembuhkan Rematik
Karena mengandung zat anti radang, maka seledri yang dikonsumsi setiap hari juga bias membantu menyelesaikan masalah radang pada sendi maupun rematik. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi jus seledri dicampur dengan buah-buahan yang dapat juga mengurangi rematik agar kinerjanya lebih optimal.

5. Menstabilkan Tekanan Darah
Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi maka sebaiknya sering mengkonsumsi seledri. Karena kandungan flavonoidnya akan bias membantu menstabilkan tekanan darah menjadi seimbang dan sehat. Terutama ketika darah tinggi Anda kambuh, minumlah infuse water dari seledri yang sudah direndam selama 6 jam.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol adalah masalah yang sangat kronis karena bisa menyebabkan penyakit degeneratif. Untuk menurunkan kadar kolesterol maka seseorang harus sangat konsisten dalam mengkonsumsi seledri. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan 20 tangkai seledri dengan tumbukan dan peras sarinya.

7. Menyembuhkan Anemia
Seledria dalah salah satu sayuran yang mengandung banyak zat besi. Oleh karena itu sayuran ini sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita anemia agar proses pembuatan haemoglobin semakin cepat. Karena merupakan sayuran alami maka ibu hamil maupun wanita yang sedang menstruasi juga bisa mengkonsumsinya untuk menghilangkan rasa lemas, pusing dan letih ketika membutuhkan banyak asupan zat besi.

8. Mencegah Kanker
Salah satu fungsi seledri yang penting adalah untuk mencegah kanker. Kanker merupakan penyakit degeneratif yang disebabkan banyaknya radikal bebas dalam tubuh. Untuk memeranginya, maka dibutuhkan antioksidan dalam jumlah besar seperti yang dimiliki oleh seledri.

9. Mengatasi Penyakit Asma
Banyak orang yang merasa bahwa penyakit asma adalah suatu kewajaran dan tidak perlu usaha lagi untuk menyembuhkannya karena pasti bias kambuh.Tentunya pemikiran ini salah karena kandungan nutrisi yang kompleks dari seledri ternyata bisa memerangi penyakit asma yang bersarang dalam tubuh seseorang.

10. Menyembuhkan Sembelit
Seledri yang dibuat jus bersama dengan alpukat atau papaya akan bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, masalah sembelit pun bias hilang dengan menggunakan tanaman kecil berwarna hijau ini.

11. Menghilangkan Capek dan Kelelahan
Salah satu penyebab badan sering capek dan kelelahan adalah kekurangan kalium. Karena seledri mengandung banyak kalium maka masalah ini akan bisa Anda hindari dengan mudah. Caranya adalah mengkonsumsi langsung seledri maupun dimasak bersama sup atau lainnya. Seledri akan tetap mengandung nutrisi sebanyak 80% ketika mengalami proses pemasakan.

Jadi Anda tidak perlu khawatir meskipun harus memasaknya. Namun usahakan untuk mengkonsumsi seledri secara langsung baik ketika dibuat jus maupun salad. Itulah manfaat daun seledri yang belum banyak diketahui banyak orang.


EmoticonEmoticon