Nov 1, 2018

Ingin Hidup Sehat? Rasakan 10 Manfaat Biji Ketumbar Ini

Manfaat Biji Ketumbar

Ketumbar adalah salah satu bahan masakan yang sering dimanfaatkan untuk menebalkan rambut maupun alis. Namun, siapa sangka bahwa ketumbar juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah 10 manfaat ketumbar untuk kesehatan.

1. Obat Sakit Cacing

Penyakit cacingan sering menyerang anak-anak meskipun ada juga orang dewasa yang mengalaminya. Untuk mengatasi masalah sakit cacing, maka gunakan ketumbar yang direbus lalu diminum airnya. Manfaat ketumbar akan bisa diperoleh setelah meminum air rebusannya. Hal ini dipengaruhi oleh senyawa anti bakteri yang terdapat dalam biji ketumbar.

2. Memperlancar ASI

Jika ada ibu menyusui yang kurang suplai ASI-nya, maka dapat memanfaatkan ketumbar. Caranya adalah merebus 10 biji ketumbar dengan 500 ml air. Lalu, biarkan hingga tinggal setengahnya. Kandungan ketumbar yang kompleks akan memaksimalkan asupan ASI di dalam proses menyusui. Tentunya hal ini akan dapat menyehatkan bayi serta ibu.

3. Menghilangkan Rasa Mual

Mual bisa diakibatkan oleh alergi, masuk angin, kehamilan di trimester pertama, atau berbagai penyebab lainnya. Untuk mengatasi rasa mual, maka tumbuk ketumbar hingga menjadi minyak ketumbar. Setelah itu konsumsilah minyak ketumbar ini secara rutin sebagai campuran salad maupun bumbu masakan. Karena mengandung minyak essensial linalool dan borneol, maka ketumbar dapat menghilangkan rasa mual.

4. Mencegah Pendarahan

Pendarahan kerap terjadi ketika Anda mengalami luka baik di dalam tubuh maupun di bagian luar tubuh. Luka juga bisa terjadi ketika ibu mengalami proses melahirkan atau keguguran. Untuk menghentikan pendarahan lebih lanjut maka sebaiknya minumlah air rebusan ketumbar. Fungsinya adalah untuk menghentikan darah yang mengucur keluar. Kandungan vitamin K di dalam ketumbar mampu mempercepat proses pembekuan darah dan menutup luka secara maksimal.

5. Mengobati Reumatik dan Asam Urat

Ada masalah yang sering terjadi pada seseorang di usia lanjut akan mengalami radang sendi baik reumatik atau asam urat. Masalah ini seringkali membuat seseorang terganggu terutama ketika beraktifitas. Jadi, untuk menguranginya gunakan ketumbar yang dijus kemudian dicampur dengan beberapa tanaman khas untuk menurunkan kolesterol seperti mentimun. Pada halaman publikasi Organicsfact, terdapat fakta tentang asa murat yang bisa disembuhkan oleh ketumbar karena mengandung zat anti inflamasi.

6. Melancarkan Gangguan Pencernaan

Ketika Anda mengalami masalah pencernaan entah itu diare maupun sembelit, konsumsilah air rebusan ketumbar ditambah dengan daun seledri. Kedua zat tersebut sangat penting untuk menyembuhkan penyakit pencernaan karena mengandung senyawa fitokimia.

7. Menghindarkan Tubuh Dari Panas Dalam

Apabila dikonsumsi secara rutin maka ketumbar yang mengandung antiseptic akan bisa menghindarkan tubuh dari panas dalam. Caranya cukup mudah yaitu dengan merendam ketumbar dalam air selama kurang lebih 6 jam untuk dijadikan infuse water. Lalu, minumlah ketumbar dan boleh ditambah sedikit garam jika rasanya terlalu getir.

8. Membantu Menghindari Resiko Penyakit Diabetes

Karena mengandung senyawa kompleks yang penting untuk kesehatan, maka ketumbar dapat memaksimalkan jumlah produksi hormon insulin di dalam pankreas. Jadi, resiko penyakit diabetes pun dapat berkurang drastis. Secara teoritis, ketumbar akan bisa membantu mengurangi terjadinya hiperglikemia sehingga kadar gula darah dapat diminimalisir.

9. Menyehatkan Mata

Mata adalah organ tubuh yang sangat penting, namun seringkali kita lupa menyeimbangkan kesehatannya padahal setiap hari menggunakan indera ini untuk berbagai aktifitas. Jika ingin mata lebih sehat maka gunakan ketumbar yang ditumbuk lalu dijemur dan dijadikan bubuk. Lalu seduhlah ketumbar bubuk ini dengan air hangat setiap pagi dan sore hari. Kandungan vitamin A dan C berfungsi untuk menyehatkan mata serta meningkatkan imunitas tubuh sehingga organ ini tidak mudah terkena penyakit terutama akibat virus maupun bakteri yang sering menjadi endemi.

10. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang terlalu rendah maupun darah tinggi akan bisa mengurangi tingkat konsentrasi hingga keseimbangan. Tidak hanya itu, jika dibiarkan masalah tekanan darah ini akan bisa membuat seseorang terkena masalah kesehatan lain secara kompleks. Oleh karena itu konsumsilah ketumbar agar bisa menyehatkan pembuluh darah dan jumlah oksigennya.

Itulah manfaat ketumbar yang bisa dinikmati siapa saja meskipun hanya dengan cara sederhana yaitu diseduh atau dinikmati secara langsung melalui proses perebusan.


EmoticonEmoticon