Nov 24, 2018

Pengaruh Perkembangan Teknologi di Bidang Kesehatan

Kita mungkin pernah berkonsultasi dan memeriksakan kesehatan ke dokter, lewat pemeriksaan USG, cek darah, jantung, rontgen, dan lainnya. Lalu, pernahkah kita menyadari bahwa semua peralatan yang dipakai merupakan hasil dari perkembangan teknologi di bidang kesehatan? Kita bisa bayangkan, ketika kita memeriksakan kesehatan ke dokter untuk mengecek dan mengetahui kesehatan organ jantung, mengecek tensi darah, dan lain sebagainya.



Penggunaan Teknologi di Bidang Kesehatan


Perkembangan teknologi di bidang kesehatan sangat mendukung tindakan yang dilakukan dari para dokter maupun ahli medis agar bisa memeriksa dan menangani penyakit pasiennya dengan cepat menggunakan peralatan yang sesuai di bidang kesehatan, seperti berikut ini :

  1. Pemeriksaan kandungan menggunakan USG, lewat perangkat teknologi yang satu ini bisa mengetahui kondisi organ bagian dalam manusia atau janin yang tumbuh di rahim ibu. Mengetahui perkembangan janin dan letak janin di rahim ibu hamil.
  2. Alat pengukuran tekanan jantung, dapat memeriksa kondisi kesehatan jantung pasien. Biasanya diperiksa lewat Elektrokardiogram atau EKG untuk mengetahui apakah detak jantung normal atau abnormal.
  3. Alat yang digunakan untuk memfoto bagian organ dalam, seperti rontgen. Alat ini dapat menembus sekaligus mengetahui gambar dari organ bagian dalam manusia. Adapun hasil yang didapatkan seperti foto, terdapat tulang, kerangka manusia, hingga benda-benda di dalam tubuh pasien pun bisa terdeteksi.
  4. Alat pengukuran tekanan darah, atau tensi yang sangat familiar dipakai pada tahap pemeriksaan, akan tetapi seiring berkembangnya teknologi pemeriksaan tekanan darah kini sudah menggunakan alat digital.

Silahkan baca juga: Inovasi Bidang Kesehatan Oleh Anak Bangsa

Sebenarnya masih banyak peralatan teknologi lainnya yang berkaitan dengan bidang kesehatan atau medis yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Adapun untuk memaksimalkannya, Anda harus tahu nama-nama dari peralatan teknologi yang digunakan beserta fungsinya. Kini untuk memeriksa kesehatan diri ke tenaga medis menjadi lebih tepat dan cepat memakai peralatan teknologi canggih, terlebih lagi teknologi dalam bidang kesehatan dapat mendeskripsikan penyakit dan bagaimana cara menanggulangi penyakit pasien. Dengan semakin majunya perlengkapan teknologi, semakin mudah pula para tim medis melakukan tindakan.

Pengaruh Perkembangan Teknologi di Bidang Kesehatan


Sekarang ini teknologi bukanlah hal yang asing,namun seiring berkembangnya waktu bahwa teknologi sudah menjadi makanan sehari-hari karena bukan hanya pada telekomunikasi saja tapi pada bidang apapun seperti kesehatan, konsultasi online sampai berbagai informasi yang membutuhkan teknologi. Berbicara mengenai kesehatan dengan menggunakan teknologi modern dan berbagai macam penelitian bisa dengan tepat dalam hal pengobatan dan penyediaan informasi obat-obatan.

Cara pengobatan pada zaman dahulu sangat berbeda dengan zaman sekarang yang sudah didukung dengan teknologi yang pada akhirnya mempermudah dokter dalam menangani berbagai penyakit sehingga cepat dan mudah dalam menyembuhkan penyakit yang diderita. Berbagai macam teknik banyak sekali ditemukan yang didukung dengan data dan fakta melalui penelitian sehingga jika dipraktekkan secara langsung dapat meminimalisir kesalahan dan proses penyembuhan dan pengobatan akan berjalan dengan mudah.

Bukan hanya teknologi yang diandalkan dalam proses pengobatan, ke hal yang lebih kecil saja sudah menggunakan teknologi seperti adanya resep elektronik untuk mempermudah mempersiapkan obat yang dibutuhkan. Tujuan penggunaan resep elektronik adalah untuk menghindari kesalah membaca resep karena dapat merugikan pasien yang sedang berobat karena bisa saja terjadi kesalahan tersebut yang akhirnya bisa dicabut perizinannya karena dianggap malpraktek. Beberapa resep elektronik yang umumnya rawan akan kesalahan adalah cara pemakaian obat yang tidak benar, interaksi obat yang akan diterima oleh pasien atau tidak tertulisnya pencegahan alergi yang bisa diderita oleh pasien.

Sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatan itu sangat mahal, dasarnya mahal adalah dengan kemajuan teknologi yang sangat canggih. Penyakit berat atau bisa saja donor ginjal sampai, operasi tumor sampai penyakit berat lainnya memakan biaya yang sangat besar, namun sebanding dengan hasil akhirnya yang sangat memuaskan.

Baca juga artikel : Tanda Penyakit Gagal Ginjal dan Cara Mengatasinya

Untuk lebih memuaskan bagi pasien, maka bisa meminta rekam medis walaupun rekam medis tersebut sangat sulit diminta karena sudah termasuk rahasia pihak rumah sakit atau pelayanan kesehatan untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan kesehatan bagi pasien. Jadi pengaruh perkembangan teknologi di bidang kesehatan sangat penting peranannya!


EmoticonEmoticon