Dec 11, 2018

Teknologi di Bidang Kesehatan Canggih Masa Kini

Ada kalanya pepatah yang mengatakan kesehatan itu mahal harganya perlu direvisi. Nyatanya kesehatan itu sangat sangat mahal, karena setelah sekian ribu tahun akhirnya terciptalah teknologi kesehatan canggih seperti ini. Berikut ini Teknologi di Bidang Kesehatan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

1. Robot Checkup

https://www.proactiveinvestors.com

Checkup adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mempertahankan kesehatan manusia tetap bugar. Jika dulu proses checkup umumnya masih dibantu oleh suster yang bisa saja kewalahan dan bisa cepat lelah jika melayani orang banyak sekaligus, kini sudah ada robot yang siap membantu pasien untuk checkup. Robot ini akan sangat menolong terutama jika rumah sakit sedang ramai dan banyak pasien yang mengantri.

Robot ini adalah hasil kreasi dari perusahaan iRobot Corp dan In Touch Health. Biaya operasional robot ini nampaknya cukup mahal sehingga di negara kita belum dijumpai, namun perlahan tapi pasti tenaga robot kedepannya dapat menggantikan tenaga manusia. Hal ini hampir sama saat terjadi revolusi industri, dimana pada saat itu tenaga manusia dan hewan banyak yang tergantikan oleh tenaga mesin. Tentunya para suster dan dokter harus mampu mengembangkan diri jauh lebih baik lagi jika tidak ingin kalah bersaing.

2. Pendeteksi harapan hidup manusia

Bagian tubuh manusia bagian dalam berisi organ organ vital yang proses pemeriksaannya harus dibantu oleh teknologi. Berbagai macam teknologi sudah mampu dikembangkan untuk mendeteksi bagian dalam tubuh mana yang sakit. Kekurangannya adalah alat tersebut hanya mampu untuk melihat namun tidak mampu memprediksi seberapa besar harapan hidup seseorang.

Baru baru ini peneliti yang ada di Universitas Adelaide Australia mengembangkan sebuah sistem algoritma yang mampu memprediksi kira kira pasien akan dapat hidup berapa tahun lagi. Penelitian ini mempunyai tingkat keakuratan sekitar 69 persen. Teknologi yang satu ini masih perlu dikembangkan agar menjadi lebih baik lagi, sehingga mungkin dapat dipastikan belum akan digunakan dalam waktu dekat ini.

3. Pendeteksi kanker


Kanker adalah salah penyakit yang tidak menular namun sangat berbahaya. Kanker menyerang tanpa sering diketahui penyebabnya dan tidak dapat dirasakan khususnya pada tahap tahap awal. Kebanyakan kasus sering ditemukan pada fase akhir sehingga kesempatan berhasil sembuh menjadi sangat tipis.

Ditemukannya diagnosa penyakit pada tahap awal pun belum tentu menjamin kesembuhannya, namun dapat dikatakan jika kesempatan berhasil untuk sembuh lebih besar. Kini sudah ada scanner yang mampu mendeteksi penyakit kanker. Alat ini bekerja dengan bantuan gelombang elektromagnetik, dan teknologi fotografi yang mampu membedakan tahi lalat normal ataupun yang berbahaya yang mengandung kanker kulit (melanoma).

Alat pendeteksi kanker yang kedua adalah pen pendeteksi kanker. Alat yang satu ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Texas. Alat ini juga dikenal dengan sebutan masspec pen, dan mempunyai fungsi mendeteksi dan membedakan kanker.

Metode frozen section analysis menjadi andalan teknologi ini untuk mendeteksi kanker. Metode ini dikatakan mampu mendeteksi sel kanker sebanyak 10 hingga 20 persen walaupun sel kanker dalam keadaan beku. Alat ini juga bekerja dengan cara membandingkan molekul yang diberi nama metabolisme untuk membedakan sel normal dengan sel kanker. Teknologi ini masih terus dikembangkan agar dapat bekerja lebih optimal.

4. Brain Composer

Image https://www.seeker.com

Satu lagi alat yang menjadi mahakarya di dunia kesehatan adalah Brain Composer. Alat ini sangat berguna bagi pasien yang menderita kelumpuhan untuk mampu melakukan aktivitas tertentu yang sebenarnya tidak bisa dilakukan oleh pasien penderita kelumpuhan.

Alat ini adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh Graz University of Technology dan mempunyai sebutan BCIS. Alat ini mampu menangkap pesan yang ada dalam otak pasien dan meneruskannya sebagai sebuah perintah untuk melakukan aktivitas ringan seperti menuliskan sesuatu misalnya.

BCIS berfokus pada bagaimana cara mendeteksi apa yang ada dalam otak manusia dan menerjemahkannya pada bentuk apa yang otaknya inginkan. Dengan adanya alat ini bukan tidak mungkin adegan adegan film sci-fi dapat benar terjadi di kehidupan nyata.

Itulah beberapa daftar Teknologi di Bidang Kesehatan yang kedepannya bakal dapat berkontribusi bagi kehidupan manusia, dan tentunya alat alat ini masih membutuhkan beberapa pengembangan lagi agar dapat bekerja lebih baik.

Next
This Is The Current Newest Page


EmoticonEmoticon