Oct 15, 2019

Isu Terbaru Dalam Dunia Kesehatan

Setiap negara tak akan pernah bisa luput atau terhindar dari masalah kesehatan baik itu negara maju ataupun negara yang masih berkembang tak terkecuali juga Indonesia. Ada beberapa masalah dan isu terbaru tentang kesehatan Indonesia di tahun 2018 yang menyita banyak perhatian. Isu-isu tersebut diantaranya :

Isu Terbaru Dalam Dunia Kesehatan

1. Masalah Penyakit TBC di Indonesia
Masalah dan isu terbaru tentang kesehatan Indonesia yang menyita banyak perhatian pertama adalah masalah TBC. Penyakit yang satu ini memang sudah dari dulu banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dan yang menjadi permasalahan adalah tingkat penderita penyakit ini tidak pernah mengalami penurunan di Indonesia. Isu ini kian merebak dengan adanya data dari WHO Global Tuberculosis Report yang menyatakan bahwa Indonesia berada di posisi atau urutan kedua penderita TBC tertinggi di dunia.

Penyakit yang juga menjadi salah satu faktor kematian tertinggi di dunia ini tentunya sangat mengkhawatirkan bagi masyarakat Indonesia secara khusus. Dari data yang didapat dari kementrian kesehatan menyatakan bahwa penyakit ini rata-rata menyerang orang dewasa diatas 15 tahun dan di Indonesia sendiri persentase laki-laki lebih banyak menderita penyakit ini dibandingkan perempuan. Terlebih juga daerah perkotaan lebih banyak yang terkena penyakit TBC dibandingkan dengan daerah pedesaan. silahkan baca juga gejala dan pengobatan penyakit paru paru

2. Masalah Penyakit Dari Hewan
Isu terbaru tentang kesehatan di Indonesia yang akhir-akhir ini sempat menyita banyak perhatian adalah munculnya masalah penyakit yang berasal dari hewan. Penyakit ini memang pernah menjadi permasalahan serius dalam beberapa tahun belakangan dan sekarang penyakit ini diisukan kembali menjadi permasalahan di Indonesia. Penyakit seperti flu burung, flu babi dan masalah yang timbul dari hewan lainnya seakan kembali datang dengan serentak di berbagai wilayah di Indonesia.

Penyakit yang timbul dari hewan ini nampaknya bisa terus terjadi jika masyarakat khususnya di Indonesia tidak benar-benar teliti dan waspada akan penyakit ini. Sampai saat ini daerah di Indonesia masih banyak yang terkena penyakit hewan contohnya di Manado yang dimana masih banyak penyakit rabies namun pemerintah Indonesia sendiri menargetkan di tahun 2020 Indonesia bebas dengan penyakit rabies. Semoga tidak hanya bebas penyakit rabies saja namun penyakit yang lainnya juga ikut bebas.

3. Masalah Imunisasi Kembali jadi Perhatian
Isu terbaru tentang kesehatan di Indonesia selanjutnya yang masih diperbincangkan adalah masalah imunisasi. Masalah tentang imunisasi ini diakibatkan karena adanya penyakit campak dan difteri yang kembali marak di masyarakat. Munculnya penyakit tersebut membuat imunisasi di Indonesia harus lebih diperhatikan lagi khususnya di berbagai daerah yang bisa dibilang kurang atau minim sarana imunisasi. Isu ini membuat banyak masyarakat kian was-was dengan kualitas imunisasi yang sebenarnya maka dari itu pemerintah sepertinya kian meningkat penanganan tentang masalah ini

Dari statistik cakupan imunisasi di Indonesia sendiri kian mengalami peningkatan dari tahun ke tahun namun kembalinya isu tentang penyebab munculnya penyakit campak dan lainnya menjadikan kualitas imunisasi yang dipertanyakan oleh masyarakat karena itulah masalah dan isu ini sempat beredar luas di masyarakat. Semoga isu ini kian teratasi dan tertangani sehingga proses imunisasi dapat berjalan normal kembali.

4. Masalah Penyakit Kaki Gajah
Masalah tentang kaki gajah sempat menyita banyak perhatian dan juga menjadikan masyarakat Indonesia waspada. Isu terbaru tentang kesehatan di Indonesia yang satu ini kembali muncul akhir-akhir ini yang dimana di berbagai daerah telah dilakukan proses penanganan dan juga penyebaran pemberian obat vaksin pencegahan kaki gajah. Daerah pedesaan sepertinya menjadi daerah yang dipusatkan bagi penanganan penyakit ini. Banyak daerah-daerah pedesaan yang sudah dilakukan proses penanganan dan juga persebaran obat untuk penyakit ini.

Penyakit yang sebenarnya sudah muncul dan menjadi perhatian lama bagi masyarakat Indonesia ini kembali muncul di tengah-tengah masyarakat. Maka dari itu pemerintah seakan mengambil langkah cepat guna mencegah penyakit ini kian meluas dan menyebabkan korban yang banyak. Langkah pemerintah untuk isu dan masalah kaki gajah ini seakan tepat dan terbukti dengan adanya fakta yang menunjukkan jumlah penderita kaki gajah yang tidak bertambah signifikan semenjak adanya isu dan masalah penyakit ini.

Next
This Is The Current Newest Page


EmoticonEmoticon